News & Articles

Tips Jitu Merawat Genset

Tips Jitu Merawat Genset

Genset (Generator Set) adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan daya listrik, yang sering digunakan oleh Perusahaan, Rumah Sakit, Rumah di pedesaan, dan lain-lain yang mana memerlukan daya listrik ketika listrik utama mati. Genset juga memerlukan perawatan yang khusus agar awet dan dapat di gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Berikut adalah tips jitu untuk merawat mesin Genset :

1.    Letakkan Genset pada tempat yang kering

Genset merupakan salah satu alat yang harus diperhatikan dalam hal peletakkannya, karena apabila mesin Genset ini diletakan sembarangan, dapat membuat Genset cepat rusak bahkan dapat menimbulkan sengatan listrik.

2.    Perhatikan kapasitas oli mesin

Pastikan bahwa oli mesin yang Anda gunakan sesuai dengan kapasitas mesin. Jika sudah cukup lama dan terlihat sudah kental, maka Anda bisa ganti. Pilihlah oli dengan kualitas terbaik.

3.    Jaga kebersihan Genset

Kebersihan Genset sangat penting, hal ini akan membuat Genset Anda lebih Optimal dan terlihat tetap Bagus. Bersihkan debu, kotoran, minyak, air yang menempel pada Genset, terutama di bagian Radiator Genset ini secara teratur, sehingga Genset tak akan mudah rusak.

4.    Pastikan ada sirkulasi udara yang baik

Ketika Genset dioperasikan pada sebuah ruangan, maka pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik. Udara yang panas dari radiator juga harus di keluarkan langsung melalui cerobong dan tidak boleh ada aliran balik agar mesin Genset Anda tidak terlalu panas

5.    Ganti Sparepart Genset yang sudah lama

Ketika sudah di gunakan dalam kurun waktu tertentu, dan ada Sparepart dari Genset ini yang sudah tidak bisa bekerja secara optimal, maka gantilah Sparepart tersebut sebelum komponen Genset lainnya ikut rusak dan tentu saja dapat membuat Genset mati secara keseluruhan jika tidak segera diatasi.

6.    Matikan mesin Genset jika ada hal yang tidak normal

Matikan Genset jika terjadi getaran yang tinggi ,tiba-tiba suara mesin yang kasar atau tersendat-sendat dan Anda bisa segara perbaiki masalah tersebut secepat mungkin.

7.    Perhatikan kabel instrument

Pada bagian Genset terdapat kabel-kabel yang harus di perhatikan, dan sangat perlu di rawat karena kabel-kabel tersebut merupakan bagian dari perlengkapan penting dalam Genset.

8.    Jangan sentuh terminal Output

Jangan sentuh bagian terminal output ketika Genset sedang beroperasi karena dapat menimbulkan sengatan listrik yang tinggi. Putuskan circuit breaker (MCCB) jika Anda akan melakukan pemasangan kabel power.

9.    Hindarkan air terhadap bagian listrik

Jagalah jangan sampai air membasahi bagian terminal output, karena apabila ada instrumen dan generator terkena air maka akan menyebabkan hubungan singkat arus listrik.

10.  Nyalakan Genset secara berkala meskipun tidak sedang digunakan

Genset merupakan perangkat mekanik dan elektronik, terdapat Mesin (Engine), Oli, dan perangkat elektronik yang dapat rusak bila tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Panaskan / nyalakan genset paling tidak 5-10 menit setiap 3 hari bila sedang tidak digunakan. Hal ini dilakukan untuk sirkulasi Oli Mesin dapat melumasi komponen penting Genset.

Pemeliharaan dan penggunaan yang baik dan tepat akan membuat mesin Genset Anda tahan lama. Anda tidak perlu membutuhkan jasa layanan pemeliharaan karena pemeliharaan Genset tidak sesulit yang di bayangkan. Yuk mulai dari sekarang rawat secara berkala Genset Anda!

Share this Post:

Related Posts: